Somay Somay

somay2.jpg

Malem2 abis ngimpi dapet mpek2 dari isti kok besoknya pengen bikin

tapi yah tapi males bikin mpek2 dah lama pengen bikin somay

yaudin dey akhirnya bsknya dibeliin ikan tengiri sama mama

enak banget aku pake resepnya NCC suwun banget bu muachh

aku bikin aja 1/2 resep jadinya lumayan banyak dan enak buat serumah ( 4 orang ampe nambah2 ihihihih)

somayyyyy

 ini dia resepnya

Siomay Bandung

Somay & Batagor Bandung
Sumber: Kursus NCC

Semua aku bagi 2

Bahan:
500 gr  daging ikan tengiri, haluskan
2 sdm   bawang merah halus
1 sdm   bawang putih halus
2 sdt     lada halus
1 sdt     chicken powder
3 sdm   gula pasir
3 sdt     garam
1 sdm   minyak wijen ( aku pake minyak goreng 1 sdt)
3 btr     telur ( aku pake 2 telor)
400 gr  labu siam, parut kasar, tiriskan
450 gr  sagu tani ( sagu 250gr)

aku tambahin 1 buah wortel diparut

sama daun bawang sedikit

Cara membuatnya:

  1. Aduk daging ikan halus dengan bumbu-bumbu halus, tuang telur, aduk rata.
  2. Tambahkan labu siam, aduk rata, lalu tuangkan tepung sagu, aduk rata lagi, sisihkan.
  3. Ambil satu lembar kulit siomay, isi dengan adonan ikan, lipat ketas, rapikan bentuk wiron. Taruh diatas loyang yg sudah dipoles minyak, kukus 20 menit.
  4. Rebus kentang ½ matang, kupas kulitnya, belah dua. Kerat-kerat bagian yg rata, beri adonan ikan. Kukus
  5. Potong pare, buang bijinya, isi dengan adonan ikan. Kukus 30 menit.
  6. Potong kotak tahu, goreng sebentar, kerat-kerat dengan gapru salah satu sisinya, tempelkan adonan ikan. Kukus 30 menit.
  7. Telur rebus belas dua, tempeli dengan adonan ikan. Kukus.

gara2 nggak ada kulit pangsit/kulit somay yauda aku nggak pake

jadi bentuknya aneh2 ihihihih, tetep rasanya enak loh

untuk bumbu kacang aku bikin

kacang tanah 2 ons kira2 aku goreng

cabe merah 7 buah

gula merah secukupnya

bawang putih 3 siung

blender jadi 1,tambahin air secukupnya

nikmatin pas anget – ujan2 hmmm

nggak usah ke bandung makan somay:P

2 responses to “Somay Somay

  1. Hallo Ren… Hehehe, aku ya dah lama ga ke sini, ternyata banyak postingan yahud, dan paling bikin ngiler siomay ini woaaaaa…. yummy banget pasti

  2. hihihihih mbak shintaaaaaaa heeh neh lagi belajar bikin somay,kmr mo bikin mpek2 dah copy dari blog mbak sinta tp lom sempet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s